Prinsip Managemen Nutrisi Diabetes   menurut  American Diabetes Association  ( ADA )

Terapi   nutrisi diabetes  adalah  bagian  integral dari manajemen diabetes. Tetapi  penerapan di lapangan banyak terjadi kesalahan dalam penerapannya :   mana sebenarnya bnutrisi yang cocok untuk diabetes  dan mana nutrisi yang  tidak  cocok untuk diabetes.

Nutrisi diabetsDalam praktek klinis,  rekomendasi terhadap nutrisi yang memiliki sedikit manfaat terhadap diabetes atau bahkan  tidak ada bukti yang mendukung terhadap manfaat terhadap diabetes    masih sering diberikan, hal ini tentu saja akan memberikan dampak burk bagi penderita diabetes.  Hal ini memberikan  dasar pemikiran American Diabetes Association  ( ADA )  untuk melakukan Tinjauan secara  teknis  terhadap “Prinsip Nutrisi Diabetes  Berbasis Bukti dan Rekomendasi untuk Pengobatan dan Pencegahan Diabetes dan Komplikasi yang  terkait”

Secara historis, rekomendasi nutrisi  diabetes dan komplikasi yang terkait didasarkan pada pengetahuan ilmiah, pengalaman klinis, dan konsensus ahli, namun seringkali sulit untuk membedakan tingkat bukti yang digunakan untuk membangun rekomendasi. Untuk mengatasi masalah ini, American Association Diabetes  melakukan pengkajian teknis  pada tahun 2002  dan menghasilkan prinsip-prinsip dan rekomendasi berdasarkan tingkat bukti yang tersedia. Namun, bukti terbaik yang tersedia masih harus memperhitungkan keadaan individual account, preferensi, dan preferensi budaya dan etnis, dan orang dengan diabetes harus terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Tujuan dari rekomendasi berbasis bukti adalah untuk meningkatkan perawatan diabetes dengan meningkatkan kesadaran dokter dan penderita diabetes tentang manfaat terapi nutrisi.

Karena kompleksitas masalah nutrisi diabetes  dan manajemen diabetes  maka  singkatnya American Association Diabetes ( AAD)   menganjurkan bahwa nutrisi diabetes yang di rekomendasikan haruslah telah memiliki uji klinis dan patent yang membuktikan manfaatnya  terhadap   diabetes.  Rekomendasi lain yang  penting dan harus di perhatikan  adalah bahwa selama menjalani  terapi nutrisi diabetes  harus di dukung  dengan olag raga dan sangat  perlu untuk melakukan perubahan gaya hidup.

SASARAN TERAPI NUTRISI DIABETES

Tujuan terapi nutrisi diabetes  adalah sebagai berikut:

    1. Mencapai dan mempertahankan hasil metabolisme yang optimal termasuk

   2. Kadar gula darah  dalam kisaran normal atau mendekati normal untuk

      mencegah/mengurangi risiko komplikasi diabetes.

   3. Sebuah profil lipid dan lipoprotein yang mengurangi risiko penyakit makrovaskuler.

    4. Tingkat Tekanan darah  yang mengurangi risiko penyakit vaskular.

    5.Mencegah dan mengobati komplikasi kronis dari diabetes. Asupan nutrisi dan gaya hidup yang sesuai untuk pencegahan dan kontrol terhadap obesitas, dislipidemia, penyakit jantung, hipertensi, dan nefropati.

    6.Meningkatkan kesehatan melalui pilihan menu makanan sehat dan aktivitas fisik.

    7.Memenuhi kebutuhan gizi individu dengan mempertimbangkan preferensi pribadi dan pertimbangan budaya dan gaya hidup tetap menghormati keinginan individu dan kemauan untuk berubah.

Tujuan terapi nutrisi medis yang berlaku untuk situasi tertentu meliputi:

    1.Untuk anak-anak  dengan diabetes tipe 1, agar  tersedia  energi yang cukup untuk menjamin perkembangan dan pertumbuhan normal , mengintegrasikan suntik  insulin dengan terapi nutrisi diabetes untuk aktivitas fisik.

    2.Untuk anak-anak  dengan diabetes tipe 2, untuk memfasilitasi perubahan dan  kebiasaan pola makan yang sehat dan aktivitas fisik yang mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan status metabolik.

    3.Untuk wanita hamil dan menyusui, untuk memberikan energi yang cukup dan nutrisi yang dibutuhkan untuk hasil yang optimal.

    4.Untuk orang dewasa yang lebih tua, untuk menyediakan kebutuhan gizi,nutrisi dan vitamin serta   psikososial individu dalam proses  penuaan.

    5.Untuk individu yang berisiko untuk diabetes, untuk mengurangi risiko dengan mendorong aktifitas fisik dan mendorong pilihan makanan yang memfasilitasi penurunan berat badan sedang atau setidaknya mencegah kenaikan berat badan.

Incoming search terms:

manajemen nutrisi DM (1)